Jadikan Pra Penjualan sebagai Kunci Pembuka Kesuksesan Bisnis Internet Anda


Sampai sekarang saya masih kagum dengan film James Bond. Bukan spesial efek atau pemerannya yang membuat saya kagum. Menurut saya spesial efek film-film Hollywood hampir semuanya hebat. Aktrisnya juga begitu. Bagi saya, yang mengagumkan dari film itu adalah manajemen promosinya. Jauh hari sebelum film itu dirilis, judulnya mulai menghiasi pemberitaan di koran dan televisi. Banyak media memberitakannya meski film itu baru direncanakan. Ketika pemainnya mulai di-casting pemberitaan di televisi semakin heboh. Apalagi saat film mulai diproduksi.

Kenapa hal seperti itu bisa terjadi?
Perhatian media dan masyarakat pada film James Bond tidak lepas dari track record mereka di film-film sebelumnya. Masyarakat sudah terlanjur kepincut dengan film James Bond yang ditayangkan dahulu. Jadi ketika mereka mendengar judul James Bond, penonton langsung menebak kualitasnya akan sama atau lebih baik dari film sebelumnya. Inilah strategi yang biasa disebut pra penjualan. Strategi ini bertujuan agar produk yang belum atau sedang diproduksi, sudah mulai dipasarkan. Calon pembeli mau menunggu produk meski kita belum selesai membuatnya.

Lantas bagaimana menerapkan strategi ini pada bisnis internet?
1. Tulislah artikel di blog. Umumkan pada pengunjung bahwa produk anda segera diluncurkan. Ini juga yang saya lakukan sebelum meluncurkan Rumusan Rahasia Blogging dengan menulis artikelnya. Dengan mengumumkannya terlebih dulu anda bisa tahu respon pasar. Bila responnya bagus, saya yakin anda akan makin bersemangat mengerjakannya. Bila perlu, anda bahkan bisa menyediakan formulir pemesanan terlebih dulu. Jadi anda bisa langsung tahu respon nyata dari calon konsumen anda.
2. Sebarkan di social bookmark. Artikel yang telah anda buat tadi bisa anda sebarkan di social bookmark. Seperti misalnya di lintasberita.com. Dengan begitu lebih besar lagi peluang orang yang membaca blog anda.
3. Iklan pre-launching. Iklan tersebut membuat pengunjung langsung tahu kalau anda tengah mempersiapkan peluncuran produk. Iklannya bisa anda gunakan yang berbayar atau anda pasang di blog sendiri. Memasang iklan di blog sendiri seperti yang dilakukan Mas Teten yang tengah bersiap meluncurkan produknya.
4. Lewat email marketing. Kirimkan email marketing kepada para konsumen anda selama ini. Umumkan kalau anda segera meluncurkan produk baru. Ini akan membuat konsumen makin berdebar menantikan produk anda.
5. Situs web penjualan produk. Tentu promosi juga anda lakukan di situs web penjualan produk tersebut. Umumkan kalau tak lama lagi produk anda akan diluncurkan. Pasang headline yang menantang agar konsumen makin penasaran.

Lakukan langkah di atas saat anda bersiap melaunching produk. Yakinlah, strategi pra penjualan akan sangat membantu penjualan produk anda. Yang penting, optimalkan segala peluang bagi anda untuk melakukan pre selling.

Selamat mencoba. Segera ACTION!

Oleh : JOKO SUSILO
Kunjungi situsnya: FormulaBisnis.com
Related Posts with Thumbnails

Informasi yang lain, ada di bawah ini...