Sejak awal, perlu kita tanamkan kesuksesan situs web atau blog sangat bergantung dari keberadaan pengunjung. Tanpa mereka, sebagus apapun tampilan situs web atau blog anda atau sebaik apapun content anda, semuanya menjadi tidak ada artinya.
Karena merekalah yang membuat uang mengalir ke kantong anda. Mereka yang mengklik iklan anda, memakai jasa anda, membeli produk anda, dan lainnya. Pendeknya, hidup-mati situs web atau blog anda sangat bergantung pada keberadaan mereka. So, jangan pernah kecewakan mereka!
Secara umum, mereka ikut menyokong kesuksesan situs web/blog anda dengan dua cara. Pertama, dengan berkunjung ke situs web/blog anda dan syukur-syukur juga melakukan pembelian produk/jasa. Kalaupun tidak membeli, paling tidak mereka sudah ikut membantu meningkatkan traffic.
Cara kedua yang mereka lakukan adalah dengan melakukan promosi kepada orang lain. Bila situs web/blog anda bagus, tanpa segan mereka akan merekomendasikannya pada orang lain. Dengan begitu anda dapat promosi gratis. Syaratnya hanya satu, mereka akan melakukannya dengan senang hati jika memang situs web/blog anda memenuhi kebutuhan mereka.
Dengan model promosi getok tular ini, penetrasi situs web anda bisa lebih maksimal. Sebab kalau hanya mengandalkan iklan saja, pasti terbentur dengan terbatasnya anggaran yang ada. Namun dengan rekomendasi lewat mulut orang lain ini, anda bisa menjangkau pasar yang lebih besar. Serta pada umumnya mereka lebih percaya terhadap omongan orang daripada iklan.
Nah, begitu pengunjung pertama kali datang ke situs web/blog anda, langkah selanjutnya adalah membuat mereka "ketagihan" datang. Bagaimana caranya?
Ada tiga langkah menarik pengunjung dan membuat mereka menjadi pelanggan situs web/ blog anda.
- Rebut perhatian. Pertama kali, situs web/blog anda harus bisa merebut perhatian pengunjung. Artinya, begitu pertama kali datang, mereka langsung terkesima dengan content maupun tampilan visual anda. Serta mereka tak perlu tunggu lama untuk bisa membukanya. Buatlah situs web/blog anda sebagai sebuah entertainment. Artinya, setiap yang datang bisa terhibur serta mendapat "sesuatu" dari situs web anda. Dengan cara ini, mereka pasti tak segan berkali-kali datang ke situs web/blog anda. Yang penting pula diperhatikan, buat dan tampilkan ciri khas diri anda. Ini penting untuk mempermudah pengunjung mengetahui diferensiasi situs web/blog anda. Ciri khas ini paling gampang bisa anda tampilkan dalam setiap posting anda. Sehingga umpama mereka membaca tulisan anda di tempat lain, mereka bisa langsung tahu kalau itu tulisan anda. Tak perlu ikut gaya orang lain, saya yakin anda punya ciri atau gaya sendiri. Yang penting gaya anda itu kuat, unik, dan disukai oleh pengunjung.
- Jual diri anda. Konsep kedua adalah anda harus bisa menjual diri anda. Setiap pengunjung yang datang ke situs web/blog anda dalam benaknya biasanya bertumpuk pertanyaan berikut:
- Kenapa saya harus memilih situs web/blog anda dibanding yang lain?
- Kenapa saya harus bergabung dengan situs web/blog anda?
- Apa yang bisa saya dapatkan?
- Apakah isi situs web/ blog anda bisa memecahkan persoalan yang saya hadapi? Kalau semua pertanyaan itu bisa terjawab dalam isi situs web/blog anda, jangan kaget kalau pengunjung situs web anda membludak. Intinya, anda bisa berikan jalan keluar atau solusi atas persoalan pengunjung. Serta yakinkan pula anda orang yang tepat untuk mengatasi persoalan mereka. - Kelola pengunjung loyal. Memang butuh waktu untuk membuat situs web dan blog yang dicintai banyak orang. Tapi kalau mereka sudah jadi loyal, dengan suka rela mereka akan melakukan apapun untuk situs web/blog anda. Bukan hanya merekomendasikan situs web/blog anda pada orang lain, tapi bahkan akan membelanya mati-matian. Bagaimana cara melakukannya? Bukan dengan menawarkan produk, tapi dengan selalu memberikan ide, saran, konsep, filosofi yang mereka butuhkan. Kalau anda hanya gembar-gembor tentang produk anda, di mata mereka, anda tak lebih dari sales produk! Lakukan ini secara konsisten serta jaga selalu hubungan dengan mereka. Sekali lagi ini butuh waktu. Baca juga cara menggaet pelanggan setia dan cara membangun komunitas fans blog anda
Ketiga konsep sederhana ini bisa memperkokoh brand situs web/blog anda serta merengkuh lebih banyak pengunjung. Coba tiga langkah di atas dan sesuaikan dengan karakter pengunjung anda. Selamat mencoba!
Oleh :
JOKO SUSILO
Tentang Penulis: Joko Susilo adalah SARJANA ARSITEKTUR yang aktif menulis tentang seluk-beluk Internet Marketing untuk orang Indonesia. Beliau mendirikan SMUO yang menjadi inspirasi buat pebisnis online Indonesia. Kunjungi situsnya: FormulaBisnis.com