Cara Paling Mudah Mengembangkan Produk: Sesuaikan dengan Minat Anda!


Di awal bisnis internet, banyak orang bingung membuat produk yang sesuai dan menguntungkan. Ternyata tipsnya sederhana, buatlah produk sesuai minat dan kesenangan anda. Selain membuat anda bekerja secara total, anda bisa membuat produk dengan senang hati.

Jika anda menjadi afiliate marketer cara ini juga anda gunakan. Bidang yang anda minati akan mengantarkan anda menuju kesuksesan. Meski mungkin bidang itu belum banyak banyak anda ketahui, tapi kalau anda menjalaninya dengan senang, kesuksesan tak akan lari dari anda.

Contohnya, jika anda suka mengotak-atik mesin sepeda motor, anda bisa membuat produk tentang men-service motor sendiri. Saat bekerja anda serasa sedang bermain karena bidang itu memang anda suka. Tapi jika anda senang dengan busana, jangan paksakan memilih dan membuat produk di bidang otomotif. Pertama, anda akan terbebani dengan pekerjaan itu. Kedua, produk yang anda hasilkan mungkin tidak maksimal.

Jika anda memang suka dunia otomotif, sedikit banyak anda pasti tahu seluk-beluk dunia itu. Jika pun tidak, anda akan dengan senang hati mempelajarinya. Anda paham siapa saja penggemar motor dan apa yang mereka inginkan. Pengetahuan tentang apa yang mereka inginkan akan membantu anda dalam membuat produk. Dan pada waktunya nanti anda akan sukses mempromosikan produk anda.

Suatu saat teman saya bertanya produk apa yang bagus untuk dia promosikan? Waktu itu saya tak memberi jawaban terlalu banyak tentang jenis produk tertentu. Saya justru bertanya kembali padanya: bidang apa yang kamu sukai?

Karena dia menjawab suka game saya sarankan untuk membuat produk informasi tentang game. Saat saya memberi saran, teman itu langsung paham, bahkan dalam waktu singkat ia memiliki gambaran bagaimana memasarkan produknya. Itu karena pengetahuan yang ia miliki sebelumnya. Termasuk kebiasaannya berteman dengan komunitas pecinta game.

Lain lagi jika anda mencintai buku. Seminggu sekali anda pasti menyempatkan waktu berkunjung ke toko buku. Dari kunjungan rutin itu, disadari atau tidak, anda mendapat pengetahuan tentang buku. Anda akan tahu judul-judul apa saja yang best seller, jenis buku apa yang laku, atau siapa penulis yang paling digemari. Jika anda tidak menyukai buku, pengetahuan seperti itu tidak anda dapatkan.

Saya harap anda mulai membuat produk dari hal yang anda sukai. Masih bingung? Saya akan membantu anda. Dalam beberapa menit jawablah pertanyaan di bawah ini;
1. Apa hobi anda?
2. Apa kegiatan yang membuat anda bersemangat melakukannya?
3. Apakah anda menggunakan produk atau jasa tertentu yang selalu anda bicarakan di depan keluarga dan teman-teman?
4. Apakah anda mempunyai pengalaman atau ikut kursus tertentu?

Pertanyaan di atas akan membantu anda untuk membuat produk dengan mudah. Saat memulai bisnis ini, saya pun tak tahu banyak tentang internet. Tapi karena saya suka dan mau mempelajarinya, pengetahuan dan keterampilan saya terus bertambah. Anda juga bisa seperti itu jika anda menyukainya.

Salam ACTION!

Oleh : JOKO SUSILO
Kunjungi situsnya: FormulaBisnis.com
Related Posts with Thumbnails

Informasi yang lain, ada di bawah ini...